Chrysostoma Cleo

YESU UFAM TOBIE

Hypotyroid & amp; Rambut Rontok

Rambut rontok bisa menjadi problem siapa saja, baik wanita maupun pria. Problem rambut rontok hadir lantaran banyak sebab antara lain, pengaruh polusi, sinar ultra violet, radikal bebas, gangguan hormonal , nutrisi (makanan),obat-obatan,stres(fisik dan emosional) dan lainnya.

Ada kebiasaan salah lainnya yang menjadi penyebab rontoknya rambut, yakni memakai hairdryer terlalu dekat ke rambut, pewarnaan rambut,penggunaan asesoris yang menggunakan logam dan tajam. Dalam keadaan tingkat normalnya saja, rambut lepas dari kulit kepala bisa mencapai 50-100 helai setiap hari. Rambut kepala akan tumbuh terus selama 2-6 tahun, sesudah 6 tahun akan mengalami istirahat 2-3 minggu. Ada dua tipe kerontokan rambut yang bisa mengganggu siapa saja, yakni Hairfall dan Hairloss.

Hairfall adalah problem kerontokan yang terjadi karena rambut rapuh, dan melebihi batas normal. Hairloss adalah rambut rontok yang antara lain tercipta oleh faktor usia, genetik, hormon, infeksi kulit, atau usai melahirkan. Kerontokan rambut normal terjadi karena rambut juga mempunyai siklus kehidupan tersendiri. Pada kulit kepala yang sehat, sehelai batang rambut umumnya berumur antara 3-5 tahun dengan rata-rata 20 kali regenerasi pertumbuhan rambut baru pada satu pori kulit kepala. Setiap bulan rambut tumbuh sepanjang 1-2 cm dengan kondisi kulit kepala sehat.

Dr.Eddy Karta,Sp.KK dari RSCM ,Jakarta menjelaskan bahwa kerontokan akan menjadi hal yang mengkhawatirkan jika jumlah helai rambut rontok melebihi ambang batas normal, yaitu sekitar 50-100 helai per hari. Kondisi ini tak selalu sama pada tiap orang. Namun, apabila rambut sudah mulai rontok, berapa pun jumlahnya, perlu diwaspadai dan dilakukan tindakan pencegahan. Terutama jika mulai memperlihatkan gejala awal terjadinya penipisan kepadatan rambut di beberapa area. Bahkan, mungkin saja di seluruh bagian kepala. Yang akhirnya mengalami kebotakan. Pada pria, rontoknya rambutnya tidak banyak namun yang rontok tidak diikuti oleh tumbuhnya rambut baru dalam jumlah yang sama, bisa disebabkan karena keturunan sehingga tanpa disadari kerontokan rambut menjadi penyebab kebotakan.

Tanda-tanda rambut rontok

Secara khusus, ada tanda yang dapat kita ketahui bahwa rambut mengalami kerontokan secara berlebihan. Antara lain, rambut yang mudah terpatah saat kita menyisir. Problem buruk ini juga bisa terlihat di saat Anda bangun tidur, karena rambut rontok lebih banyak terlihat di permukaan bantal. Selain itu bisa dilihat begitu banyak rambut terlepas, ketika kita usai mencuci rambut. Penyebab rambut rontok adalah karena kerapuhannya, hal itu
bisa disebabkan oleh faktor mekanik (pengelupasan dan kerusakan kutikula karena menyisir dan menata rambut), faktor kimia (pewarnaan, pengeritingan dan pemucatan atau bleaching, menyisir saat rambut basah, dan menjepit atau mengikat rambut terlalu kuat), nutrisi (kurangnya protein) dan faktor lingkungan (matahari, polusi, keracunan merkuri, asam borac, keracunan talium, dan asap) yang membuat rambut kehilangan protein. Gejala awal kerontokan rambut juga dapat dikenali dengan bertambah banyaknya jumlah helai rambut rontok di bantal atau sisir, atau pada saat keramas.

Penyebab rambut rontok

Banyak faktor yang dapat memicu kerontokan rambut termasuk pemrosesan rambut yang berlebihan dan pengobatan modern yang biasa sehari-hari digunakan seperti obat-obat thyroid, hipertensi, kemoterafi dan antibiotik. Kulit kepala yang bermasalah seperti ketombe,eksim tidak menyebabkan rambut rontok, kecuali psoriasis. Ada beberapa pengobatan modern yang dapat mempengaruhi kerusakan pada rambut. Antara lain :

Obat-obat tyhroid
Pengobatan thyroid yang tidak tepat dapat mengakibatkan rambut rontok, rapuh, kering dan tidak mengkilap. Orang yang mengalami hyper atau hypo thyroid mempengaruhi metabolisme tubuhnya untuk bekerja terlalu lambat atau terlalu cepat. Dengan hyperactive reproduksi sel rambut berjalan cepat namun kerontokan juga terjadi sampai seratus helai rambut per hari. Sebaliknya, hypothyroid mengakibatkan metabolisme lambat sehingga rambut tidak tumbuh kembali dengan cepat.

Obat darah tinggi
Juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Antibiotik
Antibiotik dikenal untuk menurunkan hemoglobin dan juga menurunkan tingkat vitamin B terkadang membuat rambut rontok lebih cepat. Penyakit yang tengah diobati juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Antidepressant
Antidepressant sering dikaitkan dengan kerontokan rambut berlebihan walaupun tidak dikenal bahwa obat ini memicu kerontokan rambut. Dalam beberapa kasus wanita mengalami kerontokan lebih disebabkan karena stress dan depresi .

Kemoterafi

Hampir setiap orang yang melakukan kemoterafi mengalami kerontokan rambut. Proses pengobatan yang dapat membunuh sel kanker ini juga dapat membunuh sel dalam kantung rambut. Rambut akan kembali tumbuh setelah kemoterafi walaupun tidak tumbuh seperti sebelum penyembuhan.

Mengatasi rambut rontok

Apabila gejala awal kerontokan mulai terlihat, segera konsultasi dan lakukan rangkaian perawatan kerontokan yang tepat sesuai dengan hasil diagnosa. Perawatan yang efektif untuk mengaktifkan kembali pertumbuhan akar rambut, meningkatkan kepadatan helai rambut, memperkuat akar rambut, dan memperpanjang umur rambut serta mencegah penuaan dini pada folikel rambut menjadi terapi yang tepat. Menurut Dr.Eddy
Karta,SpKK dari RSCM, Jakarta pengobatan dan pencegahan rambut rontok dapat dilakukan secara sistemik dan lokal. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pengobatan dan pencegahan secara sistemik antara lain dengan minum obat anti androgen, sedangkan secara lokal adalah dengan memperbaiki aliran darah,memperbaiki kelenturan kolagen dan memperbaiki nutrisi akar rambut. Ismayanti

Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok
1 .Pilihlah shampo yang ringan dan jangan terlalu sering berkeramas. Ditandai dengan
apakah rambut kita mudah teriritasi jika pakai shampo,jika kita pakai shampo dan
ditandai dengan munculnya bisul kecil-kecil dan gatal ganti dengan yang lebih mild
atau dengan shampo bayi. Keramas selama 2 hari sekali dan tergantung pada gaya
hidup.
2. Lakukanlah perawatan rutin sebanyak 2 minggu sekali atau seminggu sekali, bisa
menggunakan conditioner,khususnya bagi yang berambut panjang.
3. Jika habis berenang, adanya klorin yang terdapat dirambut dibilas dengan air yang
mengalir selama 10 menit.
4. Pilihlah sisir yang sesuai dengan jenis rambut, sisir rambut minimal 2 kali sehari untuk
meratakan pembagian minyak alami pelembab rambut.
5. Jagalah kebersihan dan kesehatan kulit kepala dengan keramas lalu gunakanlah tonik
rambut.
6. Hindari penggunaan air panas terlalu sering sebab dapat membuat akar rambut lebih
lemah dan rambut semakin rapuh
7. Hindari terlalu sering mengikat rambut karena dapat melemahkan akar
rambut,maksimum 2 hari ikat rambut harus dilepas.
8. Saat di rumah, biarkan rambut tergerai agar akarnya bisa ber’nafas’ dan istirahat
9. Jika Anda melakukan pemrosesan rambut seperti colouring (pewarnaan) biasanya bisa
minta vitamin atau tanya bagaimana cara perawatannya. (Tips didapat dari Dr.Eddy Karta,Sp.KK- RSCM, Jakarta)

20082008-08-25T11:51:05+00:00312008bUTCMon, 25 Aug 2008 11:51:05 +0000 22, 2008 - Posted by | ARTIKEL

2 Komentar »

  1. terima kasih atas penjelasannya…akhirnya saya bisa meraba kenapa rambut saya rontok..rupanya setelah proses kimia saya ngga melakukan perawatan..makasih ya..

    Komentar oleh anisa | 20082008-09-16T06:27:07+00:00302008bUTCTue, 16 Sep 2008 06:27:07 +0000 22, 2008 | Balas

  2. nice artikel…thanks ya buat infonya…
    sangat bermanfaat…

    Komentar oleh obat darah | 20082008-11-29T05:18:30+00:00302008bUTCSat, 29 Nov 2008 05:18:30 +0000 22, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: